Pesona Keindahan Pulau Mursala Sibolga


Indonesia memiliki banyak pulau yang bisa dijadikan sebagai lokasi hiburan Bersama keluarga. Salah satu rekomendasi menarik adalah Pulau Mursala yang berlokasi di Sibolga.

Pulau Mursala terletak di daerah Kabupaten Tapanuli Tengah, Sumatera Utara, tepatnya berada di Kecamatan Tapian Nauli, Tapanuli Tengah dan berada di sebelah barat daya Kota Sibolga, berjarak sekitar 22,5 km dari Pandan, Tapanuli Tengah.

Pulau mursala merupakan pulau terbesar di wilayah Kabupaten Tapanuli Tengah. Secara geografis, Pulau ini memiliki luas sekitar 8.000 hektar. Pulau Mursala ini dikelilingi oleh hamparan pasir pusir yang indah. Selain itu, juga terdapat obyek wisata yang menjadi andalan di Pulau Mursala ini, yaitu Air Terjun Pulau Mursala. Jika Anda ingin menuju Pulau Mursala, Anda dapat melewati Pandan atau Sibolga menggunakan kapal untuk melintasi Teluk Tapanuli.

Keistimewaan Pulau Mursala

Pulau Mursala memiliki keindahan air terjun tawar yang jatuh ke tengah laut. Air terjun di pulau yang terletak di Samudera Hindia ini sangat jarang ditemui di dunia, sehingga tidak sedikit turis mancanegara yang tertarik untuk berkunjung. Karena dianggap menarik, Pulau Mursala pernah menjadi lokasi syuting Film King Kong.

Air terjun seperti ini hanya ada beberapa di dunia dan di Indonesia ada dua air terjun seperti itu, satu lagi bernama Air Terjun Kahatola yang berada di Kabupaten Halmahera Barat, Propinsi Maluku Utara.

Aliran Air Terjun Pulau Mursala ini berasal dari aliran sungai terpendek di dunia dengan lebar sekitar 400 m, panjang 700 m dan mengalir melalui batuan granit yang berada di tebing pulau dan meluncur tercurah ke bawah dengan suara gemuruh masuk ke dalam area laut, menciptakan pemandangan yang mempesona.

Dibalik keindahannya, air terjun ini juga mempunyai legenda tersendiri. Dikisahkan bahwa air terjun ini merupakan tempat bermain seorang permaisuri cantik yang bernama Putri Runduk. Putri Runduk pada masanya terkenal dengan parasnya yang cantik dan tersohor sampai ke luar kerajaan. Selain sebagai tempatnya bermain, aliran air yang berada di atas air terjun ini juga dikisahkan sebagai kolam pemandian sang putri tersebut.

Objek Wisata di Pulau Mursala

Di pulau ini, Anda tidak hanya bisa menikmati keindahan air terjun saja, Anda juga bisa menikmati beberapa tempat wisata lainnya seperti berikut ini.

1. Pulau Jambe

Pulau Jambe merupakan perairan dangkal yang terdiri dari terumbu karang dan aneka jenis ikan. Tempat ini merupakan perairan dangkal dekat Pulau Mursala dengan pemandangan laut yang indah dan cocok untuk snorkeling.

2. Teluk Labuan Hunik

Tempat ini merupakan spot yang cocok untuk diving dan snorkeling. Tempat ini paling digemari wisatawan asing karena pemandangan laut yang indah dan tidak terlalu berkarang.

3. Pulau Silabu Na Menek

Terdapat keunikan di pulau Silabu Na Menek, yakni batu yang menjorok berbentuk burung yang berada di ketinggian sekitar 70 mdpl di pantai curam yang biasa disebut dengan Batu Garuda. Selain itu, terdapat pula bonsai pinang merah alam di atas bebatuan curam.

4. Laguna

Di Pulau Mursala, terdapat laguna dengan pantai pasir putihnya yang menyatu antara Pulau Silabu-labu Na Godang dan Pulau Kalimantung Na Menek

5. Pulau Puti

Pulau Puti merupakan pantai pasir putih yang indah dengan perairan dangkal dan kehidupan bawah laut yang mempesona.

Itulah ulasan tentang keindahan Pulau Mursala. Jika anda sedang merencanakan waktu berlibur dalam waktu dekat, tempat ini bisa menjadi rekomendasi yang bagus untuk dipertimbangkan. Semoga bermanfaat.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

7 Tempat Wisata Sukabumi Instagramable yang Wajib Kamu Kunjungi

13 Rekomendasi Tempat Wisata Bogor yang Indah dan Menawan

Meningkatkan Kreativitas Anak Melalui Petualangan di Tempat Wisata Unik