Keindahan Pantai Pasir Putih Parbaba Samosir

 

Pantai pasir putih parbaba Samosir adalah salah satu tempat wisata favorit yang ada di sekitar Danau Toba Sumatera Utara. Lokasinya berada di Desa Huta Bolon, Kecamatan Pangururan Kabupaten Samosir Sumatera Utara.

Berbeda dengan dengan pantai yang sering kita lihat yang ada di tepi laut, Anda bisa bermain evil stick mainan sambil sejauh mata memandang yang terlihat adalah langit yang tiada ujung. Nah kalau di pantai pasir putih parbaba Samosir kamu akan melihat keindahan yang menakjubkan yang sangat jarang kamu jumpai dimanapun.

Penasaran ingin tau seperti apa pantai pasir putih Parbaba  Samosir , yuk simak ulasan lengkap berikut.

Lokasi dan Rute Menuju Pantai Pasir Putih Parbaba

Seperti yang sudah disebutkan diawal, pantai pasir putih parbaba Samosir berada di Desa Huta Bolon. Huta = kampung atau desa, Bolon = besar, di desa Huta Bolon kamu akan takjub melihat rumah - rumah unik milik warga yang sudah berusia ratusan tahun.

Rute menuju pantai pasir Putih Parbaba yang ada di desa Huta Bolon Samosir ini kita bisa datang dari Kota Medan -> Berastagi ->  Kabanjahe -> Simpang Merek/Sidikalang belok ke kanan -> Taman Wisata Iman -> Masuk Ke simpang Desa Wisata Pulau Samosir yang berada di sebelah kiri yang berada di Jalan Dolok Sanggul Sidikalang.

Disepanjang jalan dari kota Berastagi tadi kita akan disuguhkan keindahan desa – desa disepanjang jalan, lahan pertanian yang subur dan udara yang sejuk dan segar. Dan setelah memasuki gerbang wisata pulau Samosir kita akan lebih terkagum lagi melihat keindahan alam yang ditawarkan.

Selain hutan yang masih asri, dari kejauhan kita akan menyaksikan keindahan salah satu danau terbesar di Dunia ini. Disepanjang jalan menuju Pulau samosir kamu akan tak henti - henti mengucapkan syukur atas keindahan yang telah Allah berikan.

Dalam perjalanan kita akan melewati salah satu spot wisata yang berada di Tele, menara pandang Tele namanya, kalau di google map dikenal dengan Tele Tower View Point. Nah dari sini kamu bisa menyaksikan keindahan Danau Toba dari beberapa sudut melalui Menara Pandang Tele.

Perjalanan yang akan ditempuh dari Kota Medan hingga tiba di pantai pasir putih parbaba Samosir lebih kurang 5 - 6 jam dengan mengendarai roda 4.

Satu lagi akses yang bisa ditempuh untuk sampai di pantai pasir putih parbaba Samosir bisa melewati kota Pematang Siantar -> Parapat -> dan menyebrang melalui pelabuhan kapal Ajibata menuju pelabuhan Tomok di Pulau Samosir. Kemudian menyusuri jalanan di pulau Samosir dengan mengikuti rambu dan petunjuk jalan yang sudah terbilang lengkap.

Keunikan Pantai Pasir Putih Parbaba 

Berbeda dari Pantai–pantai indah yang ada di Bali yang memiliki ombak tinggi dan hamparan laut lepas, pantai Pasir putih Parbaba bukanlah pantai yang memiliki ombak kencang. Ketika berdiri di bibir pantai, kita bisa menyaksikan keindahan puncak bukit yang mengelilingi Danau Toba.

Jika dipantai pinggir laut anginnya cukup kencang, disini anginnya sepoi - sepoi dan udara terkesan lebih sejuk, karena memang berada dikawasan Danau Toba. Garis pantai berpasir putih terbilang cukup panjang, bahkan jika dilihat pasirnya pun mirip seperti pasir yang ada ditepian laut. Hanya saja air disini tawar, karena memang bukan laut.

Aktivitas Yang Bisa Kamu Lakukan

Pantai pasir putih parbaba Samosir ini sudah dikelola cukup baik pemerintah setempat dan juga warganya. Ragam aktivitas bisa kamu lakukan di tempat wisata yang satu ini.

Selain belanja souvenir, menikmati keindahan alam Danau Toba dan hang out bareng teman dan keluarga, dengan mengeluarkan sedikit modal kamu bisa menyempurnakan liburan mu disini. Seperti bermain banana boat dan aktivitas air lainnya disini cukup lengkap.

Berikut ini harga sewa permaianan yang memicu adrenalin yang ada di pantai Pasir putih Parbaba :

  • Banana Boat 8 Orang = Rp. 350.000 
  • Banana Boat 5 Orang = Rp. 250.000
  • Banana Double 12 Orang = Rp. 500.000
  • Ufo Boat 8 Orang = Rp. 350.000
  • Donat Boat 5 Orang = Rp. 300.000
  • Mebel Boat 6 Orang = Rp. 300.000
  • Tour Boat 6 Orang = Rp. 300.000
  • Sepeda Air 1 Jam = Rp. 50.000
  • Cano = Rp. 50.000

Fasiliatas Di Pantai Pasir Putih Parbaba

Tempat wisata yang baik adalah tempat wisata yang punya fasilitas publik yang lengkap. Walaupun tempat wisata yang satu ini jauh dari pusat kota, fasilitasnya sudah tergolong lengkap.

Panginapan Di Pantai Pasir Putih Parbaba Samosir

Ada beberapa penginapan dipantai pasir putih parbaba Samosir yang berada tepat di pinggir pantai ini. Mulai dari model rumah warga yang disulap jadi penginapan, bahkan hotel yang cukup profesional pun juga tersedia dilokasi ini.

Tempat untuk berteduh juga tersedia berupa pondokan maupun tenda yang disewakan oleh pengelola tempat wisata, harga sewa satu tenda bervariasi, mulai dari Rp. 50.000 hingga Rp. 100.000, tergantung kamu pilih diposisi mana.

Kamar mandi umum juga tersedia, dengan membayar Rp. 3.000 untuk mandi, Rp. 2.000 untuk buang air, kamu sudah bisa menggunakan fasilitas ini sepuasnya. Hanya saja fasilitas yang satu ini sepertinya perlu lebih ditingkatkan kualitasnya oleh pengelola.

Kalau laper kamu gak usah takut, disepanjang pantai ini banyak kantin yang menyediakan aneka jenis makanan dan minuman. Untuk harga kamu jangan khawatir, hampir semua kantin yang ada disini menampilkan harga jual mereka dalam bentuk spanduk.

Tiket Masuk Pantai Pasir Putih Parbaba Samosir

Tiket masuk pantai pasir putih parbaba Samosir tergolong murah, anda hanya dikenakan biaya retribusi resmi sebesar Rp. 2.000/orang untuk dewasa dan Rp. 1.000/orang untuk anak – anak.

Selain retribusi per orang, kita juga akan dikenakan tarif parkir yang tergolong sangat murah untuk sebuah tempat wisata. Untuk parkir mobil dikenakan Rp. 5.000/mobil. 

Waktu Terbaik Untuk Berkunjung

Kapan waktu yang pas untuk berkunjung ke pantai pasir putih parbaba Samosir? Mungkin banyak orang yang baru pertama kali bertanya demikian.

Tempat Asik sarankan buat kamu yang mau berkunjung kesini mulai dari jam 7 pagi hingga pukul 11. Karena antara waktu tersebut cuaca masih sejuk atau tidak terlalu panas. Jadi kamu bisa puas beraktivitas disekitar pantai ini. Atau sore hari mulai pukul 15.00 hingga 18.00 wib juga bisa.

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

7 Tempat Wisata Sukabumi Instagramable yang Wajib Kamu Kunjungi

13 Rekomendasi Tempat Wisata Bogor yang Indah dan Menawan

Meningkatkan Kreativitas Anak Melalui Petualangan di Tempat Wisata Unik