Asal Usul Rumah Bolon dan Filosofinya Sebagai Rumah Ada Khas Batak

 


Rumah bolon adalah rumah adat suku batak toba yang berasal dari Sumatera Utara. Disimbolkan, rumah bolon adalah identitas untuk masyarakat yang tinggal di daerah Sumatera Utara.

Asal usul Rumah Bolon

Seperti yang sudah kami sebutkan barusan, rumah bolon adalah rumah ada khas batak yang memiliki sejarah unik di dalamnya. Di ceritakan rumah bolon adalah sebuah istana yang ditempati oleh raja-raja batak pada umumnya.

Raja pertama yang membangun rumah bolon adalah Tuan Rahalim, dan memberikan pidato tentang pendidikan. Namun, pada tahun 1947 kekuasaannya sudah tidak daukui lagi dan resmi berakhir. Hingga akhhirnya raja terakhir yang sekaligus menjadi pewaris rumah bolon, yaitu Raja Mogang menyerahkan sepenuhnya rumah bolon ke pemerintah Sumatera Utara.

Hal itulah yang menjadikan rumah bolon menjadi rumah adat suku batak hingga saat ini. Rumah bolon sendiri dapat ditempati sebanyak 5-6 keluarga di dalamnya.

Jenis Rumah Bolon

Rumah bolon memiliki beberapa jenis yang dapat dibedakan dari suku batak sendiri. Beberapa jenis rumah bolon tersebut antara lain adalah, rumah bolon Toba, rumah Bolon Simalungun, rumah bolon Karo, rumah bolon Mandailing, rumah bolon Pakpak, dan rumah bolon Angkola. Setiap jenis rumah bolon memiliki ciri khasnya masing-masing.

Namun karena perkembangan zaman, jumlah rumah bolon semakin berkurang. Hanya di daerah-daerah tertentu saja khususnya Sumatera Utara yang masih memperlihatkan banyak sekali rumah bolon.

Oleh karena itu, rumah bolon kerap menjadi objek wisata asal Sumatera Utara yang banyak dikunjungi oleh masyarakat Indonesia. Objek wisata ini pun diharapkan dapat dilestarikan dengan baik.

Bentuk Rumah Bolon

Salah satu keunikan yang dimiliki rumah bolon adalah bentuknya yang menarik. Rumah bolon memiliki bentuk segi empat yang menyerupai model rumah panggung. Rumah ini memiliki ketinggian sekitar 1,7 meter dari permukaan tanah.

Dengan tinggi tersebut, untuk dapat memasuki rumah bolong setiap orang harus menggunakan tangga yang disediakan di depan rumah bolon. Tangga rumah bolon sendiri berada di tengah-tengah bagian depan badan rumah bolon. Jadi tamu atau pemilik rumah harus menunduk untuk dapat memasuki rumah bolon.

Ciri Khas Rumah Bolon

Rumah bolon adalah salah satu rumah yang tidak memerlukan paku dalam membangunnya. Rumah ini hanya mengandalkan tali yang dapat menyatu dendgan bahan-bahan rumah dan diikatkan dengan ketat agar rumah tidak rubuh.

Lantai rumah bolon terbuat dari papan dan atapnya terbuat dari ijuk atau daun rumbia. Bagian dalam rumah bolon memiliki ruangan yang besar dan tidak ada pembagian untuk kamar-kamar.

Meskipun tidak ada kamar khusus, namun rumah bolon memiliki 3 bagian. Bagian kanan dikhususkan untuk para kepala keluarga yang ada di rumah tersebut. Untuk bagian kiri diberikan khusus untuk anak perempuan yang ada dirumah tersebut dan istri serta tamu khusus oleh pemilik rumah.

Bagian kiri di depan diberikan untuk anak lelaki tertua yang sudah menikah. Ada juga yang disebut dengan ruangan tampar piring yang dikhususkan untuk para tamu.

Filosofi Rumah Bolon

Rumah bolon memiliki fondasi yang kuat yang melambangkan suku batak yang menghadapi beban yang berat secara bersama-sama. Tiang penyangga dari rumah bolon melambangkan kejujuran dari masyarakat, dan atap rumah yang bermakna setiap warga yang memiliki unek-unek dalam hati kepada pemilik rumah lebih baik disimpan di dalam hati.

Selanjutnya, masyarakat batak sering membuang kotoran rumah melalui talaga yang berada di dekat tungku. Hal itu melambangkan bahwa segala keburukan di dalam rumah akan hilang.

Di bagian depan rumah juga disediakan panggung tempat menyimpan hasil panen. Hal itu juga melambangkan bahwa Sang pencipta akan memberikan penghuni rumah rezeki yang melimpah.

Itulah asal usul rumah bolon dan sejarahnya yang perlu kamu ketahui. Jika kamu ingin berwisata dan mengetahui sejarah lengkap rumah bolon ini, kamu dapat berkunjung ke daerah Samosir yang ada di Sumatra Utara.

Baca juga: 5 Rekomendasi tempat wisata yang populer

Komentar

Postingan populer dari blog ini

13 Rekomendasi Tempat Wisata Bogor yang Indah dan Menawan

7 Tempat Wisata Sukabumi Instagramable yang Wajib Kamu Kunjungi

5 Rekomendasi Tempat Wisata yang Populer di Simalungun