7 Destinasi Wisata Kabupaten Simalungun yang Wajib di Kunjungi


Kabupaten Simalungun merupakan salah satu kabupaten yang ada di Provinsi Sumatera Utara. Luas kabupaten ini kurang lebih 438.660 ha atau setara dengan 6,12% dari luas Provinsi Sumatera Utara.


Kabupaten yang terdiri dari 32 Kecamatan, 386 Desa/Nagori, dan 27 Kelurahan membuat Simalungun memiliki destinasi wisata yang banyak dikunjungi para wisatawan, baik lokal maupun mancan negara.


Pesona alam yang disajikan akan memanjakan setiap pengunjungnya. Dan bagi kamu yang suka ber-swa foto, harus mempersiapkan baterai HP yang full serta kapasitas penyimpanan berkas yang besar. Karena setiap sudut dari objek wisata yang direkomendasikan untuk kamu, memberikan keindahannya masing-masing.


Tidak perlu berlama-lama, inilah 7 destinasi wisata Kabupaten Simalungun yang wajib kamu kunjungi.


1. Kebun Teh Sidamanik


Tidak harus ke Bandung untuk bisa mendapatkan foto estetik dikebun Teh. Kamu cukup pergi ke daerah Sidamanik, disana kamu akan menemukan hamparan kebun Teh yang luas dengan warna hijau yang mampu menyegarkan mata.


Bukit-bukit yang ditanami tanaman teh ini sudah menjadi daya tarik wisatawan sejak dulu. Ditambah udaranya yang masih segar, membuat kamu betah berlama-lama menikmati keindahannya.


Kamu juga bisa mendapatkan foto-foto estetik jika berkunjung ke Sidamanik. Bagi yang ingin melakukan foto prewedding. Kebun teh ini menjadi salah satu rekomendasi buat kamu.


2. Permandian Alam Aek Manik


Masih didaerah sidamanik dan tidak jauh dari kebun teh, kamu bisa mengunjungi permandian alam bernama Aek Manik. Lokasi objek wisata ini sedikit masuk area permukiman warga.


Namun begitu sampai, kamu akan terpukau takjub melihat kolam alami dengan air yang begitu jernih. Bahkan kamu bisa dengan jelas melihat pasir putih yang menjadi dasar permadian itu.


Pantulan langit biru yang membuat warna dari air ini sama seperti warna langit yang indah, biru jernih. Pesona alam disekitar permandian yang masih terjaga, menambah nilai plus dari objek wisata yang satu ini.


3. Puncak Simarjarunjung


Sekarang kita bergeser ke puncak Simarjarunjung. Yang namanya puncak, pasti kita bisa melihat semua keindahan alam dari tempat yang tinggi.


Jika kamu berkunjung ke puncak Simarjarunjung, mata kamu akan dimanjakan dengan luasnya hamparan air danau toba, serta dapat melihat wilayah yang berada diseberang. Disini kamu juga bisa mendapatkan banyak foto-foto estetik sembari melakukan healing setelah melakukan rutinitas yang melelahkan.


4. Air Terjun Tonduan


Apakah kamu masih belum menemukan tujuan wisata yang menarik? Yuk kita lanjut ke next destinasi.


Objek wisata selanjutnya adalah air tejun Tonduan yang berada di Desa Buntu Bayu, Kecamatan Tonduan, Simalungun, Sumatera Utara. Air terjun Tonduan ini memiliki air yang jernih.


Oleh sebab itu banyak wisatawan yang tidak menyia-nyiakan kesempatan untuk merasakan kesegaran air yang langsung dari alam ini. Namun, kamu harus tetap memperhatikan peraturan-peraturan yang sudah dibuat demi kenyamanan dan keamanan ketika sedang berekreasi.


5. Kawah Putih Tinggi Raja


Kita beralih dari objek wisata yang sejuk menuju objek wisata yang hangat dan bahkan panas, yaitu Kawah Putih yang berada di daerah Tinggi Raja, Simalungun, Sumatera Utara.  Destinasi wisata kawah putih tidak hanya ada di Bandung, kamu juga bisa menemukannya di kabupaten Simalungun.


Cukup dengan menempuh perjalanan selama 3-4 jam dari kota medan dan siantar untuk bisa menikmati ciptaan Tuhan yang satu ini. Hamparan bukit kapur dan kesegaran air panas bisa kamu dapatkan disini.


6. Rumah Bung Karno di Parapat



Kali ini kita berwisata sejarah. Di daerah Parapat, Kabupaten Simalungun, terdapat satu rumah yang dulunya dipakai Bapak Plokamator kita tinggal. Rumah ini masih terawat dengan desain rumah yang unik.


Beberapa perabot rumah tangga bahkan koleksi buku beliau masih terawan dan terjaga dengan rapi.


7. Rumah Bolon Pematang Purba


Destinasi wisata terakhir yang direkomendasikan untuk kamu adalah Rumah Bolon Pematang Purba. Tidak lengkap rasanya jika kita tidak mengetahui seperti apa rumah ada masyarakat simalungun.


Rumah Bolon atau yang bisa kita sebut dengan istana ini sudah berdiri sejak tahun 1515 dan berlokasi di Kecamatan Purba. Rumah ini dijadikan tempat tinggal Raja bersama Ratunya, serta 11 selirnya.


Nah teman-teman, keren-keren bukan destinasi wisata yang ada si Kabupaten Simalungun. Ayo luangkan waktumu untuk menikmati pesona alam Simalungun yang tidak ada habisnya.


Dan satu hal yang terpenting dan wajib diingat, kemanapun dan dimanapun kita berekreasi, berwisata, marilah sama-sama menjaga kebersihan objek wisata tersebut. Agar kita sama-sama merasa nyaman ketika sedang berlibur disana.


Sampai ketemu di rekomendasi destinasi wisata lainnya. Jangan lupa bagikan pengalaman berlibur kamu dikolom komentar yaa. HAPPY HOLYDAYS ALL.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

7 Tempat Wisata Sukabumi Instagramable yang Wajib Kamu Kunjungi

13 Rekomendasi Tempat Wisata Bogor yang Indah dan Menawan

Meningkatkan Kreativitas Anak Melalui Petualangan di Tempat Wisata Unik